Koin Emas Rotating Header Image

Berinvestasi Koin Emas

Jika Anda memiliki uang berlimpah, maka investasi emas yang paling efektif dan efisien adalah investasi dalam bentuk emas batangan seperti halnya yang dilakukan oleh para miliader, bank, dan institusi keuangan besar. Namun, bila Anda hanya memiliki modal terbatas atau baru ingin memulai berinvestasi emas, maka koin emas adalah pilihan terbaik karena dapat diperoleh dengan harga relatif lebih murah, mudah diperjualbelikan, bentuknya ringkas, cantik dan enak dipandang, namun tetap memiliki kekuatan investasi yang tidak bisa diremehkan.

Pada prinsipnya, koin emas sama dengan emas batangan, tetapi bentuknya berupa koin. Secara umum, Anda bisa membeli koin kuno (rare coin/numismatic coin) yang langka peredarannya atau koin modern (bullion coin) yang diproduksi massal setiap tahunnya. Selain memiliki nilai intrinsik, koin emas juga memiliki nilai ekstrinsik, yaitu nilai seni dan kelangkaan. Maka tak heran ada koin emas yang harganya sampai lebih dari 50 milliar, karena nilai sejarah atau kejadian penting yang dimiliki saat koin tersebut diluncurkan. Koin langka juga kenaikan harganya bisa berlipat ganda melebihi pergerakan harga emas itu sendiri. Dalam kondisi perekonomian yang stabil, koin langka bisa meningkat hingga 4-5 kali lipat dari peningkatan harga emas.

Masalahnya, memperoleh koin langka bukan pekerjaan mudah. Selain memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri, jumlah koin langka yang kini masih ada dalam keadaan layak investasi amat sangat sedikit dan terbatas. Di Indonesia sendiri, koin emas memang belum begitu populer di kalangan masyarakat luas. Setidaknya, kalah populer dibandingkan berlian, permata, apalagi emas perhiasan. Berbeda dengan di Amerika, Eropa, atau Timur Tengah. Disana ada komunitas investor dan kolektor koin emas yang rajin memburu koleksi koin emas. Makin langka, makin diburu, dan harganya semakin mahal. Komunitas tersebut juga secara teratur melakukan transaksi jual beli koin emas. Mereka lebih suka melakukan lewat lelang, baik secara langsung maupun lelang online di internet. Karena permainan koin emas ini bisa dilakukan secara online, tentu investor di seluruh dunia (termasuk Indonesia) juga bisa terlibat.

Di Indonesia ada beberapa macam koin emas, yaitu Koin emas ONH (Ongkos Naik Haji), koin emas dinar yang diterbitkan PT Aneka Tambang, dan ada jenis koin emas koleksi yang dicetak terbatas (exclusive gold coin) yang diselenggarakan oleh Grenetindo.

Koin di masing-masing negara yang mengeluarkannya, sudah memiliki spesifikasi yang standar. Koin-koin yang diproduksi di masing-masing negara biasanya memiliki nama yang unik dan dibuat berseri. Koin adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang disarankan. Jika Anda berminat mengoleksi koin emas, perhitungkan tingkat kesulitan untuk menjualnya kembali. Pilih koin yang diminati pasar, baik kolektor maupun investor. Pilihlah koin yang paling likuid dan populer yang memiliki pasar dan peminat yang luas sehingga memudahkan Anda menjual dan dengan harga lebih jauh tinggi. Kunci sukses berinvestasi koin emas adalah kesabaran dan ketelatenan.

Jadi ketika Anda mengoleksi koin emas, pelihara dan rawatlah dengan baik dan sabar. Jangan lupa juga untuk menyimpan baik-baik nota atau sertifikat pembelian. Karena bila sertifikat keasliannya terjamin dan kondisinya memuaskan, maka yang perlu dinegosiasikan tinggal masalah harga saja.

2 Comments

  1. kamal says:

    oke. makasih infonya

Leave a Reply